Skip to content

EFEK NEGATIF TERLALU BANYAK MENONTON TV

14 May 2011

Menonton televisi adalah sebuah pengalaman yang dimiliki oleh kebanyakan orang dewasa dan anak-anak. Hal ini murah, menarik, dan dalam jangkauan masyarakat umum. Dengan cara ini, TV telah menjadi media massa penting di seluruh dunia. Sayangnya, TV tidak digunakan dalam cara yang orang bisa mendapatkan manfaat terbaik dari itu. Tujuan esai ini adalah untuk meyakinkan pembaca bahwa manusia tidak boleh menonton televisi terlalu banyak karena banyak program TV yang tidak mendidi; itu membuat orang membuang-buang waktu yang dapat digunakan dalam kegiatan yang lebih menguntungkan, dan secara negatif mempengaruhi pembangunan mental manusia.

Alasan pertama mengapa orang tidak harus menonton televisi terlalu banyak adalah karena isi dari banyak program TV tidak berpendidikan. Saat ini, kita bisa melihat film, serial, sinetron dan lainnya yang  menunjukkan bahwa banyak adegan kekerasan, unsru seks, dan narkoba. Ini telah membentuk konsep-konsep yang mempengaruhi mereka untuk memiliki perilaku negatif. Selain itu, dampak kecenderungan ini pada anak-anak lebih buruk karena mereka tumbuh dengan ide dunia di mana perempuan harus langsing dan pirang untuk berdiri keluar, dimana masalah hanya bisa diselesaikan dengan uang dan kekerasan, dan di mana perang adalah tak terelakkan.

Alasan kedua mengapa orang tidak harus menonton televisi terlalu banyak adalah karena itu membuat orang membuang-buang waktu yang dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih menguntungkan. Waktu yang kita habiskan menonton TV dapat kita gunakan untuk kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga, membaca, berinteraksi dengan teman dan keluarga, kegiatan yang merupakan penting untuk gaya hidup sehat.

Alasan ketiga mengapa orang tidak menonton televisi terlalu banyak adalah karena negatif mempengaruhi perkembangan mental masyarakat. Menurut beberapa studi ilmiah, menonton TV untuk jangka waktu yang lama memiliki pengaruh negatif atas perkembangan intelektual anak-anak dan mengarah pada penurunan kemampuan mental pada orang tua dengan menyebabkan kedua masalah perhatian dan memori dalam jangka panjang.

Kesimpulannya, orang harus tidak terlalu banyak menonton televisi karena banyak program TV yang tidak mendidik; itu membuat orang membuang-buang waktu yang dapat digunakan dalam kegiatan yang lebih menguntungkan, dan hal itu mempengaruhi perkembangan mental masyarakat. Namun, ini tidak berarti bahwa kita harus melarang TV, tapi jika kita akan menonton itu, kita harus melakukannya dengan moderasi. Televisi adalah sumber daya yang bagus untuk belajar, dengan catatan melalui pilihan program yang benar dan dengan mengambil sikap aktif dan kritis terhadap hal itu.

From → Debate

One Comment
  1. emang sangat buruk sekali dampaknya kalau sering2 nonton tv,apa lagi senetron wah wah,,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: