Skip to content

ADAM MALIK, AGEN CIA?

25 November 2008

Mengejutkan sekaligus menyentakkan! Sebuah berita yang wah! Saya sendiri kaget bukan kepalang mendengar berita yang beredar ini. Tapi kemudian saya mencoba untuk (belajar) menganalisa. Semoga analisa saya benar, atau paling tidak mendekati.

 

Banyak hal dilakukan seorang penulis buku (tidak semua, sih) dan penerbit untuk membuat buku yang diproduksinya laku. Salah satunya adalah dengan ‘menyerang’ sisi psikologi masyarakat. Masyarakat dibuat penasaran dengan isu yang sengaja dihembuskan. Maka dibuatlah sebuah isu yang dibumbui ini dan itu. Isu segera merebak di masyarakat, dan seperti yang dapat diduga; masyarakat yang penarasan segera menyerbu toko buku untuk membeli buku tersebut.

 

Menyoal tentang Adam Malik, saya berpendapat beliau adalah salah satu Bapak Bangsa Indonesia. Saya yakin beliau mempunyai nilai patriotis yang tinggi, dan tidak akan ‘menjual’ negara tercintanya. Isu itu hanyalah rekayasa si mantan jurnalis US agar tulisannya laku. Mengapa ia memilih Adam Malik?

 

Pertama karena beliau adalah wakil presiden saat itu. Dengan posisi yang sangat strategis, maka si jurnalis US itu berkeyakinan bahwa dengan mengangkat nama beliau, banyak masyarakat Indonesia akan terhenyak kaget. Ia benar dalam hal ini.

 

Kedua karena beliau sudah tidak ada. Hal ini agar masyarakat tidak bisa klarifikasi pada yang bersangkutan. Itu tentu akan menimbulkan rasa penarasan yang tinggi bagi sebagian besar masyarakat. Ceritanya lain kalau saat ini beliau masih hidup. Pasti si jurnalis US itu akan mencari target lain.

 

Nah, masih percaya bahwa Adam Malik adalah agen CIA? Semoga analisa amatiran dari saya ini sedikit merubah opini negatif masyarakat tentang beliau.

From → Artikel

3 Comments
  1. yah, terlepas dari benar-tidaknya berita tersebut, setidaknya kita bisa belajar dari dunia intelijen Amerika. bahkan, “bukti” bahwa Adam Malik adalah agen CIA ditemukan oleh seorang jurnalis dalam bukunya yang memang kontroversial. tidak hanya “menjelekkan” Adam Malik, tetapi juga menelanjangi kegagalan CIA. benar bukan?

  2. primagamameruya permalink

    Jangan percaya dulu sebelum ada bukti yang akurat…

    tidak sedikit yang menulis sebuah buku yang isinya penuh dengan KEBOHONGAN…

  3. emang sih, ga tau bener yang mana, tapi kalo kata mang mah ga mungkinlah seorang Adam Malik sampai menjual negeri ini, itu adalah sesuatu yg tidak masuk akal. Ini hanya sebuah rekayasa politik aja.

    Met malem, pa kabar nih hari ini? Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin dan besok kita masih diberi umur panjang untuk dapat terus ngeblog, tetap semangat! O ya, kalo mo promosi blog biar bisa dapat kunjungan lebih banyak lagi, bisa langsung http://shanny.web.id/?p=862 aja, makasih yah, maaf nih mang udah lama ga mampir. Sekalin juga kalo tertarik dengan program bisnis internet, bisa dilihat juga disini http://shannypersonalblog.wordpress.com/2008/11/21/tabanas-program-bisnisku/.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: