Skip to content

TIME IS MONEY

11 November 2008

Waktu adalah uang. Ungkapan ini menggambarkan tentang pentingnya waktu bagi manusia. Betapa berharganya waktu bagi kita. Begitu berharganya ia hingga ia takkan mungkin dapat kembali lagi. Hal yang sungguh sayang jika sampai ia disia-siakan. Mungkin ilustrasi di bawah ini dapat sedikit menggambarkannya.

Joni baru saja pulang dari sekolah. Wajahnya yang kusut menambah muram raut dan ronanya. Yang ada dalam benaknya hanyalah: Seandainya saja … Ia memang telah me-nyia2-kan waktu yang begitu berharga. Seandainya saja ia bangun lebih awal pagi tadi, tentu ia takkan ketinggalan rombongan yang akan membawanya mengikuti lomba lukis yang dari dulu ia harapkan. Seandainya saja kemarin malam ia tidak nonton bola, tentu tadi pagi ia tidak kesiangan. Seandainya saja kemarin ia tidak taruhan sebungkus rokok, tentu ia tidak akan nonton bola, dst dst.

Ya, seperti dalam pilem India, penyesalan selalu datang terlambat. Ia tidak pernah nongol duluan. Ia tidak pernah pengen jadi yang pertama muncul. Ia selalu jadi yang terakhir yang muncul. Mungkin ia ditakdirkan untuk begitu. Tetapi tentu kita tidak ditakdirkan untuk selalu menyesal, bukan? Jadi, ayo kita gunakan waktu sebaik-baiknya. Kapan kita musti belajar, kapan kita musti maen, atau apalah. Yang penting gunakan waktu sebaik mungkin.

 

 

From → Artikel

One Comment
  1. Sebetulnya oprang orang sudah banyak tahu bahwa waktu tak bisa isi ulang alias sudah terpakai tak akan tergantikan.Tetapi begitulah manusia walaupun sudah tahu selalu banyak yang tidak mau tahu. Katanya biarlah waktu berlalu. Tragis memang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: