Skip to content

MENGATASI BOSAN

11 November 2008

Hidup itu berwarna-warni. Ada merah, kuning, hijau de el el (seperti lagunya Balonku Ada Lima). Terkadang menyenangkan, tapi sering juga menyedihkan. Itulah hidup, dengan segala kehidupan yang ada di dalamnya. Dalam menjalani aktifitasnya, manusia sering dihinggapi rasa bosan. Itu lagi itu lagi. Rutinitas. Bosan.

Bosan, bisa dikatakan sebagai penyakit. Mungkin yang lebih tepat adalah penyakit rohani. Bagaimana ia muncul? Ya, ia sering muncul dengan tiba-tiba tanpa diundang, tanpa diharapkan. Pop, lantas muncul!!

Bosan bisa muncul bila seseorang mengerjakan atau melakukan sesuatu yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama. Pikiran dan tenaganya dicurahkan untuk hal yang sama, itu itu saja. Bisa juga bosan muncul bila seseorang tidak mengerjakan apa-apa. Contohnya waktu kita menunggu seseorang atau sesuatu. Bosan bukan?

Tulisan ini sebenarnya mewakili perasaan saya. Mengerjakan sesuatu yang sama untuk jangka waktu yang sama. Duduk di depan komputer, entri data, edit sini edit sana, dan lain-lain. Itu saya lakukan selama satu minggu penuh, dari hari Senin hingga Sabtu, setiap hari!! Bosan….

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa mengurangi kebosanan kita. Contohnya (seperti yang sering saya lakukan): melakukan sesuatu yang baru, bidang baru. Untung saja saya juga mendapat “porsi” di kelas. Saya mengajar speaking (Bahasa Inggris). Berinteraksi dengan siswa membuat pikiran sejenak fresh, segar dan seperti mendapat sesuatu yang baru. Siswa dengan segala warnanya telah mengurangi rasa bosan saya.

Atau bisa dengan cara yang lain yang juga sering saya lakukan. Saat pikiran sudah buntu dan pikiran udah nggak bisa bekerja sebagaimana mestinya, saya menyempatkan diri ke kantin sekedar menikmati secangkir kopi panas. Sebentar memang, mungkin hanya 15 menit. Tetapi saya rasa itu cukup untuk menyegarkan pikiran kembali.

Bagaimana dengan Anda? Saya membuka diri untuk segala masukan dari Anda, agar paling tidak tulisan dari Anda sedikit menyibukkan pikiran saya agar tidak bosan. Saya tunggu…

 

From → Artikel

11 Comments
  1. Sama seperti saya kang. Saya juga tiap hari di depan pc😦 yah menghilangkan kejenuhan kadang sholat, ngeblog, kadang juga nelpon nelpon😀 blon ada profit yang di dapatkan dari kejenuhan ini.

    Maunya jenuh tapi menghasilkan gimana yah caranya😀 hehe

  2. Sama seperti saya kang. Saya juga tiap hari di depan pc😦 yah menghilangkan kejenuhan kadang sholat, ngeblog, kadang juga nelpon nelpon😀 blon ada profit yang di dapatkan dari kejenuhan ini.

    Maunya jenuh tapi menghasilkan gimana yah caranya😀 hehe

    Btw Thanks dah berkunjung ke blog ku

  3. yah kalo ekke mah kalo bosen, mandi trus cuci mata atau moto2x. tapi hujan dingin gini bbrrrr….terpaksa ngobrol ditelpon deh hehhehe…masih bosen juga, gangguin si kucing.

    saat ini sih ekke gak boen tapi lapar

  4. Kalo lagi boring aku muter2 komplek, liatin orang2 sedang berenang, dll😀. Yang paling bikin semangat lagi adalah mengingat2 rencana jangka panjang, bisa berupa rencana bangun rumah misalnya, target haji atau rencana nikah, atau mau punyak anak berapa, dan masih banyak lagi yang dapat buat kita mendapatkan suntikan energi segar sehingga bahkan akan lebih semangat kerja dari sebelumnya….

  5. kalo lagi bosen paling mang hanya tinggal tidur aja, seharian, atau cuman bisa males-malesan tuk ngerjain apapun, pokoknya hanya diam aja ga ngapain.
    Mas kalo mo promosi blog langsung aja disini yah http://www.kirimiklan.com/index.php?ref=11533

  6. ibiza permalink

    Pas bad mood n ga jelas mau ngapain ampe2 ke diskotik aja bosen – gw makai inex yg kadarnya lebig n minum alkohol sebanyak mungkin…kali cepet kelar masalah bosenya

  7. yayanx permalink

    ge bosen bgt sma co’ gw iank lgi aneh bgt…gmna cranya gw ngilangin bosen gw ya???????

  8. Diouf permalink

    Gni aja klu bosan…
    Anggap k’bosanan sbagai bagian dri k’hidupan.
    Dan ‘kan hilang dgn sendirix. Sama kya sakit flu kan klu dah num obat hlang. Bgitu juga rasa bosan klu udah nemu ‘obat”x pasti sembuh….!!!

  9. 4nd1 permalink

    Backpaker trip to around the world…dijamin ga bosen2..la iyalah tiap hari beda2..beda bhasa pula..beda semuanya..asal kuat mental ma duit nya jga sich..wakkakaka..

  10. bosan hal yg menyebalkan untuk dihadapi. tapi terkadang ada sesuatu yg indah di saat kita merasa bosan. saya selalu merasa bosan. meski pun saya melakukan hal yg baru. dengan rasa bosan saya bisa memaknai hidup saya lebih dalam. awalnya sulit. tapi inilah hidup. mau tidak mau kita harus menjalani kehidupan yg fana dan sekali dalam satu masa kehidupan.

  11. dicki permalink

    tiap hari ak bosan …
    karna dalm keluarga … da orang yang tidak ku senangi…..

    itulah pemicu kenapa ak merasa bosan dirumah…
    akibatnya ak jadi anak yang minder … pemarah… tak sabar….

    ak mohon kasih saran yang baik tuk merubah hidupku ni….
    ak lelah hidup dengan rasa marah… tak sabar….

    ak ingin hidup bahagia walaupun dalam keadaan sekarat. sakit miskin kaya semuanya…🙂 tq …..

    add fb ak yha dickiapriansyah@ymail.com

Leave a Reply

