Skip to content

Menggangguk=Iya

3 November 2008

Banyak sekali bahasa yang ada di dunia yang kita diami saat ini. Entah ada berapa banyak jumlahnya jika bahasa-bahasa itu dihitung. Mungkin ribuan bahasa jumlahnya, puluhan ribu, bahkan bisa lebih. Dan bahasa-bahasa itu unik, berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Kita ambil satu contoh kata: Iya. Kata ini berarti yes dalam bahasa Inggris, ja dalam bahasa Belanda, iyo dalam bahasa Jawa dan masih banyak yang lainnya. Kata yang lain: Tidak. Dalam bahasa Inggris; no. Bahasa Belanda-nya adalah ne, dan bahasa Jawa-nya adalah ora. Itu hanya kata iya dan tidak. Bagaimana dengan puluhan ribu kata yang lain? Tentu masih banyak lagi dan mereka semua berbeda.

Namun ada satu hal yang menarik dari dua kata; Ya dan Tidak. Apapun bahasa yang ada di dunia ini, orang selalu mengangguk bila bilang iya, yes ataupun ja. Pun orang akan menggeleng jika bila tidak, no ataupun ne. Entahlah, sepertinya ada kesepakatan yang tidak resmi di antara seluruh bangsa di dunia. Cobalah Anda lihat disekeliling jika Anda berada di daerah asing yang bahasanya berbeda dengan bahasa Anda. Coba Anda bertanya, dan lihat reaksi mereka. Pasti Anda akan mendapati mereka akan mengangguk jika mereka menyatakan:Iya dan menggeleng jika Tidak.

Ada apa dengan ini semua? Entahlah, ini bagi saya pribadi merupakan salah satu pertanyaan yang masih belum terpecahkan. Jika mungkin satu dari Anda mengetahui jawabannya, kiranya ada satu kata manis buat Anda: (kata ini saya dapat dari banner yang ada di blog beberapa rekan-rekan saya sesama blogger) Berbagi Tak Pernah Rugi.

From → Artikel

One Comment
  1. Greetings from central Bulgaria. Land of “nods for no” and “shakes for yes”.[…]

    Bisa dicek, lucu juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: