Skip to content

Kuliah apa nggak ya…?

22 September 2008

Dulu sih saya sudah pernah nulis artikel tentang pentingnya kuliah. Hal inilah yang mendasari saya untuk nulis lagi tentang kuliah. Memang kuliah itu penting, dan kini merupakan hal yang pokok. Tapi jika boleh bertanya, (khususnya kepada Anda yang kini sedang menempuh studi di bangku kuliah), pernahkan Anda berpikir untuk apa Anda kuliah? Gengsi, pekerjaan, status sosial atau ada hal lain yang melatar belakangi alasan-alasan tersebut?

Di Indonesia kuliah merupakan hal masih dianggap sebagai sesuatu yang ‘wah’. Lain bagi pelajar di negara-negara maju. Mereka menganggap bahwa kuliah itu penting, namun bukanlah hal yang ‘wah’ lagi. Dah biasa. Di sini, dengan menyandang gelar mahasiswa, banyak dari kita yang menganggap ‘wah, saya hebat juga euy’, atau juga berbicara dengan nada yang dibuat-buat agar orang lain terkesan bahwa kita adalah orang yang terpelajar.

Sejarah memang telah membuktikan bahwa peranan mahasiswa terhadap arah pembangunan dan perkembangan negara sangatlah besar. Banyak hal yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah selalu melibatkan pemerintah. Tengoklah dulu jamannya Bapak kita yang pertama, Ir. Soekarno. Bagaimana beliu saat itu harus berbenturan dengan kekuatan mahasiswa. Tengok juga Bapak kita yang lain, Soeharto. Beliau juga harus berhadapan dengan kekuatan mahasiswa.

Jika pentingnya kuliah bagi mahasiswa saat ini dikarenakan menengok hal tersebut di atas, ada baiknya lebih dalam lagi mencerna tujuan kuliah. Karena mahasiswa yang bisa kita sebut aktivis, mereka kuliah bukan untuk demo. Mereka kuliah untuk sesuatu yang lebih baik. Entah itu di bidang yang mereka pelajari atau bidang sosial masyarakat. Mereka bukan hanya menuntut sesuatu yang lebih baik dari orang lain, terlebih mereka menuntut mereka sendiri berlaku dan berbuat baik, (walaupun baik itu relatif).

Untuk itulah saya mencoba mengajak kita semua untuk kembali ke tujuan asal kita, untuk apa kita kuliah. Jika kita mendapati alasan kita untuk kuliah sudah benar, lanjutkan kuliah dengan baik. Jika belum, tetap lanjutkan sambil mencoba menyelami apa alasan kita kuliah. Atau paling tidak sambil kita menentukan arah kemana kita akan melangkah. Selamat berjuang, kawan …

From → Artikel

One Comment
  1. mike permalink

    iya emang percuma kuliah, liat tu bnyk sekali sarjana nganggur. . dan justru sebaliknya saya lihat teman-teman papa saya yg hanya lulusannya sma aja bisa menjadi bos besar bahkan menjadi bos dr lulusan s2. . yg penting berusaha aja. .
    Selain itu kalo mau kuliah jangan di Indonesia deh. . systemnya pengajarannya parah bgt. ..kita yg menggaji dosen mlh kita yg diperbudak oleh dosen dengan ketentuan2 inilah-itulah. . gmana mau berkembang otak kita kalo ada hal2 yg membatasi otak kita. . gmana kita mau berinovatif coba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: