Skip to content

SUSAHNYA MENJADI GURU

20 July 2008

Guru adalah profesi yang serba sulit. Lihat saja fakta yang ada sekarang, banyak guru yang mempunyai pekerjaan sampingan di luar kapasitasnya sebagai guru. Ya, betapa sulitnya menjadi seorang guru, apa lagi guru TK. Duh, sulit banget.

 

Pernah saya kebetulan mengisi acara (main musik) di sebuah pesta ulang tahun seorang anak yang masih TK. Acara di pandu oleh gurunya. Banyak hal menarik yang mampu menarik perhatian saya. Banyak kelucuan yang saya rasakan di tengah acara. Tapi hal yang banyak menyita perhatian saya adalah betapa sulitnya menjadi seorang guru TK. Dengan penuh kesabaran dan ketelatenan yang luar biasa harus membimbing sekian banyaknya anak.

 

“Ayo, semua baris ya….” begitu kata guru tersebut pada murid-muridnya. Namanya juga anak-anak, ada yang baris sebentar namun keluar lagi dari barisan. Apa yang dilakukan guru tersebut pada muridnya? Marahkah? Ternyata tidak. Dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, ia tetap membimbing murid-muridnya untuk kembali ke barisan. Saya lihat beliau tetap tersenyum, (sebuah senyuman asli yang tanpa polesan). Duh, jarang sekali ada seorang seperti itu. Mereka yang bukan anaknya (secara biologis) harus menjadi tanggung jawabnya. Wah, sungguh sebuah hal yang jarang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang di saat ini. Salut, bu. Semoga Anda tetap berkarya demi anak bangsa.

From → Artikel

2 Comments
  1. jaiman1 permalink

    saya salut dengan profesi anda, jangan bimbang lho… semua profesi sama asalkan halal.
    ukurannnya baik dan halal…
    kalo oknum seperti kasus guru mesum dll. kok menurut saya gak ada hubungannnya dengan profesi guru atau bukan. toh semua orang bisa saja melakukannnya, ustat dan DPR tuh. he he he

  2. salam kenal,

    Memang itulah Guru…
    http://pakarfisika.wordpress.com/guru/
    Selamat berjuang, Sobat

    Wassalaam,

Leave a Reply

