Skip to content

HEWANPUN BERBICARA

13 July 2008

Jangan dikira hanya manusia saja yang bisa ngomong, hewan dan tumbuhanpun bisa ngomong. Dalam arti komunikasi yang luas, tanpa sadar sebenarnya antara makhluk yang satu dengan yang lainnya terjalin komunikasi yang berkelanjutan. Jadi bukan hanya kita saja yang bisa berha-ha hi-hi dengan teman kita.

 

Lihat saja sekumtum bunga yang sedang mekar. Dengan warnyanya yang indah dan baunya yang harum, sebenarnya adalah sebuah bahasa. Dengan bahasa itu ia memanggil seekor lebah. Lebah yang menangkap sinyal bahasa itu akan datang mendekat dan hinggap. Ia akan mencari madu di sana. Dengan hinggapnya lebah ke sekuntum bunga itu, secara tidak sadar ia telah membawa serbuk sari bunga untuk ditanamkan di tempat lain. Dari situ akan tumbuh bunga yang baru.

 

Lihat saja seekor buaya jantan. Ia akan menciptakan getaran yang kuat di permukaan air. Dari situ ia mencoba menarik perhatian buaya betina. Sedang buaya betina sendiri, ia menangkap bahasa itu. Ia akan merespon dengan mendatanginya atau menjauhinya. Mendatanginya jika bahasa yang digunakan si jantan lebih kuat dibandingkan dengan jantan yang lain. Sebaliknya, menjauhinya jika ada getaran permukaan air yang lebih besar dari buaya jantan lain.

 

Jadi jangan dikira hanya kita manusia yang bisa ngomong. Semua makhluk bisa ngomong. Bagi pasangan muda-mudi yang jatuh cinta, bulan pun bisa ngomong. Nah, lho. So, jadi manusia yang komunikatif ya….. tentu bukan berarti mengaplikasikannya dengan banyak omong……..

From → Artikel

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: