Skip to content

KOTORAN SAPI = PEMANASAN GLOBAL

7 July 2008

Apasih relasi antara kotoran sapi dengan pemanasan global? Eh, ngacau kali. Pemanasan global tuh disebabkan oleh gas emisi kendaraan bermotor, semakin berkembangnya industri di negara maju, dan semakin cueknya kepedulian manusia terhadap bumi kita yang cuman atu ini. Tentu saja masih banyak lagi alasan yang dapat menambah beban bumi kita ini.

 

Jumlah kendaraan bermotor di dunia semakin hari semakin meningkat. Hal ini menyebabkan semakin parahnya akibat dari pemanasan global. Tentu semua orang percaya akan hal ini. Memang fakta bahwa gas buangan kendaraan sangat berbahaya terhadap kelangsungan bumi. Namun percayakah Anda jika kotoran sapi pun turut memperparah efek pemanasan global? Dari mana? Jawabnya dari kotoran sapi. Kotoran sapi mengandung gas meta yang notabene lebih berbahaya dari gas emisi kendaraan bermotor. Apalagi jumlah populasi sapi di dunia yang sekitar dua milyar. Bisa dibayangkan berapa besar prosentase yang ditimbulkan kotoran sapi terhadap gas ozon kita. Kotoran sapi yang mengandung gas meta terbukti cukup ampuh dalam merusak lapisan ozon.

 

Solusi dari masalah tersebut sebenarnya sudah ada, yaitu dengan memanfaatkan kotoran sapi sebagai energi alternatis berupa bio gas. Dengan begitu kandungan gas meta yang ditimbulkan dapat disalurkan menjadi energi yang cukup ramah lingkungan. Dari sini kita mendapatkan dua keuntungan, yang pertama kita memperoleh energi alternatif (dengan kemungkinan menguntungkan secara finansial), dan secara tidak langsung kita turut menyelamatkan bumi dari serangan gas meta terhadap lapisan ozon kita.

From → Artikel

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: