Skip to content

CORAT-CORET

27 June 2008

Aksi corat-coret seragam sekolah selepas lulusan adalah bentuk dari ekspresi siswa dalam merayakan keberhasilan mereka selama tiga tahun menempuh pendidikan (SMP/SMA). Aksi tersebut tentu mengundang pro dan kontra dikalangan masyarakat kita. Ada yang setuju, ada pula yang tidak.

 

Bagi siswa sendiri, aksi tersebut adalah mutlak dan harus. “Khan tiga tahun sekali.” Begitu alasan mereka. Memang ada benarnya, bahwa mereka mengekspresikan kegembiraan mereka dengan aksi tersebut. Nuansa memori jelas mereka harapkan. Ada yang mengoleksi tanda tangan teman, guru maupun adik kelas mereka. Ada yang asal ada coretannya, ataupun komentar dari teman yang mereka anggap nyleneh dan aneh.

 

Bagi orang lain yang kontra, mereka lebih berpikir ke arah yang bijak. “Mending disumbangi ke orang lain.” Begitu kira-kira yang ada di benak mereka. Opini tersebut juga benar, karena sesuatu yang kita punya dapat bermanfaat kepada orang lain yang memang membutuhkan. Dengan menyumbangkan seragam bekas layak pakai memang dapat meringankan pihak yang membutuhkan seragam, namun belum ada dana untuk memilikinya.

 

Lantas jika kedua opini tersebut saya anggap benar, mana yang salah? Atau mana yang akan kita terapkan dalam kehidupan kita? Saya menilai kita harus melihat suatu obyek dari segala sudut pandang agar semua jelas. Untuk opini yang pertama, saya beranggapan bahwa langkah tersebut cukup baik. Paling tidak dari pada mereka mengekspresikan diri di luar sekolah dengan konvoi dan tawuran yang tidak ada faedahnya. Untuk opini kedua, saya merasa bahwa langkah tersebut sangat baik. Memberdayakan diri agar berguna bagi orang lain.

 

Salam

From → Artikel

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: