Skip to content

STIP JAKARTA

17 June 2008

Link Video STIP: http://youtube.com/watch?v=q9u8qfo6FPI

Belumlah hilang rasa kaget akan hadirnya kekerasan di lingkungan pendidikan oleh gank nero, hadir lagi kekerasan baru di lingkungan pendidikan. Kali ini di Jakarta Utara, STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran). Nyaris sama dengan yang terjadi di IPDN, senioritas mendominasi jalannya kekerasan. Aksi pukul sudah jadi hal yang biasa, bahkan dianggap sudah menjadi budaya. Dengan dalih kedisiplinan, senior sudah merasa layak untuk menghukum yuniornya. Tragis!!

 

Yang lebih memilukan lagi, aksi kekerasan terjadi di lingkungan pendidikan tanpa sepengetahuan pendidik. Sungguh suatu potret buram yang semakin kelam. Ironisnya lagi, aksi tersebut sengaja direkam dengan sebuah kamera, beberapa lagi menggunakan handpone. Entah apa maksudnya, tapi yang jelas bukan untuk dipublikasikan keluar. Jadi dalam hal ini, mereka kecolongan dengan beredarnya video tersebut, yang bahkan sudah dipublikasikan oleh salah satu TV swasta.

 

BUDAYA KEKERASAN

Kekerasan adalah salah satu bentuk premanisme. Jika aksi kekerasan sudah terjadi di lingkungan pendidikan dan sudah menjadi budaya, maka dapat disimpulkan bahwa premanisme sudah menjadi budaya di lingkungan pendidikan kita, (tentu tidak semua). Mari kita coba ingat apa yang terjadi di IPDN, yang terjadi lebih dari dua kali itu, lantas gank motor di Bandung, ada Gasper, Nero, lalu di STIP Jakarta Utara.

 

Aksi kekerasan sepertinya sudah jadi budaya, terjadi secara turun-temurun dari senior ke yunior, begitu terjadi setiap tahun. Tongkat estafet terus bergerak dari waktu ke waktu, hingga akhirnya waktu pula yang mampu (sejenak) menghentikan laju tongkat estafet tersebut. IPDN sempat berhenti (melakukan kekerasan), namun waktu membuktikan budaya yang sudah mengakar tersebut sulit untuk dihilangkan.

 

STIP Jakarta memang ketahuan melakukan aksi kekerasan baru saat ini. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa aksi tersebut sudah lama terjadi. Bisa pula ada kemungkinan bahwa peristiwa tersebut akan terjadi lagi, (tentu semoga hal itu tidak terjadi). Jika asumsi saya memang benar, tentu betapa beratnya memberangus budaya tersebut. Sulit dan suatu pekerjaan yang berat.

 

Penulis berpendapat bahwa aksi tersebut adalah hasil dari turunan seniornya dari tahun-tahun sebelumnya. Bisa kita rasakan waktu kita mengenyam pendidikan mulai dari tingkat SLTP. Di tingkat ini sudah ada yang namanya perploncoan. Aksi aneh bin extrem bakal diperlihatkan senior kepada yuniornya, (senioritas selalu “minta” dijunjung tinggi untuk menunjukkan eksistensi mereka). Mulai dari memakai kalung tali rafia yang di beri bawang merah, pakai topi dari keranjang bambu dan aksi edan lainnya.

 

Dari kacamata yunior, aksi senior mereka merupakan hal yang tak terlupakan. Sudah menjadi hukum tak tertulis bahwa kelak jika mereka sudah naik ke jenjang yang lebih tinggi, mereka akan memberlakukan adik kelas mereka lebih parah dari apa yang mereka terima sekarang ini. Dan itu suatu keharusan yang mutlak untuk dilakukan. Mungkin selain sebagai ajang menunjukkan senioritas, MOS juga digunakan sebagai ajang balas dendam.

 

Hal tersebut merupakan suatu bibit yang menyuburkan budaya kekerasan di dunia pendidikan kita, khususnya siswa. Mungkin jika mereka masih tingkat SLTP, aksi mereka belum bisa disebut ekstrem. Namun jika hal tersebut dibiarkan, tidak menutup kemungkinan aksi tersebut akan menjadi liar seperti yang terjadi kali ini di STIP maupun di lembaga pendidikan lain di Indonesia. Suatu pekerjaan rumah yang sangat berat dan rumit untuk dipecahkan.

 

Semua elemen bangsa harus membuka mata terhadap masalah ini. Harus dicari akar permasalahan untuk kemudian dicarika solusi tepat, agar masalah tersebut tidak terjadi di tahun mendatang. Dari pengamatan penulis sebagai seorang yang awam, waktu membuktikan bahwa kekerasan dan praktik premanisme di dunia pendidikan semakin berkembang dari tahun ke tahun. Untuk itulah sekali lagi semua elemen bangsa harus mencari solusi masalah tersebut.

 

Mungkin dengan menghilangkan sistem perploncoan dari dunia pendidikan kita akan sedikit mengurangi ruang kekerasan di dunia pendidikan. Sebab dari situlah aksi balas dendam dan pelampiasan dari jati diri di mulai. Dari situ pula harus diberantas. Memang penyebab kekerasan di dunia pendidikan tidak hanya masalah perploncoan, namun paling tidak dengan dihilangkannya sistem perploncoan dari pendidikan, akan berkurang angka premanisme didunia pendidikan kita.

From → Artikel

42 Comments
  1. --iNoY-- permalink

    ANJRIT…!!! MSIH JAMAN APA KY BGINI??
    MATI AJA LU SMUA..!! SO JAGOAN..!! MSH HIDUP DI BAWAH KETEK ORG TUA AJA KY BGINI..!! KULIAH MSH DIBAYARIN AJA MO SO JAGOAN DI DLM KAMPUS..!! MALU WOY !!!! MO SO JAGOAN JNG DI DLM KAMPUZ..!!! TNJUNG PRIOK SONO SKALIAN JD PREMAN..!!! KULIAH AJA BGNI,GMN DAH LULUS..!! MO JD PREMAN LO SMUA??
    BRANINYA MUKULIN ORG TP ORG ITU LO SURU DIEM..!! KL BRANI FIGHT 1-1..!! B-A-N-C-I BGT TU ORG* !!! NAJIZ..!! GELI GW LIAT ORG* MACEM ITU..!!!!!!!!!!!!!!! NAJIZ..!!!! AMIT2..!!! CUIH..!!! SPT MAMPUS DAH LO SMUA YG SO JAGOAN..!!! DAH PSEN TIKET VIP LO SMUA UTK K NERAKA..!!! CUIH.. AMIT2..!! NAJIZ..!!!

  2. -- H A N N A --- permalink

    ANJRIT…!!! MSIH JAMAN APA KY BGINI??
    MATI AJA LU SMUA..!! SO JAGOAN..!! MSH HIDUP DI BAWAH KETEK ORG TUA AJA KY BGINI..!! KULIAH MSH DIBAYARIN AJA MO SO JAGOAN DI DLM KAMPUS..!! MALU WOY !!!! MO SO JAGOAN JNG DI DLM KAMPUZ..!!! TNJUNG PRIOK SONO SKALIAN JD PREMAN..!!! KULIAH AJA BGNI,GMN DAH LULUS..!! MO JD PREMAN LO SMUA??
    BRANINYA MUKULIN ORG TP ORG ITU LO SURU DIEM..!! KL BRANI FIGHT 1-1..!! B-A-N-C-I BGT TU ORG* !!! NAJIZ..!! GELI GW LIAT ORG* MACEM ITU..!!!!!!!!!!!!!!! NAJIZ..!!!! AMIT2..!!! CUIH..!!! SPT MAMPUS DAH LO SMUA YG SO JAGOAN..!!! DAH PSEN TIKET VIP LO SMUA UTK K NERAKA..!!! CUIH.. AMIT2..!! NAJIZ..!!! NAJIZ..!! NAJIZ..!!

  3. darsini permalink

    sebetulnya mereka juga ga mau melakukan hal itu,tapi karena mereka dulu juga diperlakukan seperti itu ,ya mereka lakukan hal yg sama ke junior nya .hal seperti itu harus di HENTIKAN .uji mental dan fisik ga harus di pukulikan ? apa lagi sampai ada yg meninggal .kejam ,sadis .tatutt…………………………………..

  4. cadet permalink

    tuk kalian semua yg mo komentar tntng mslh ini, harap menggunakan kata2 yg pntas dan enak d dengar.
    Klo anda brkomentar sprti ini,b’arti andalah yg merasa hebat (jagoan)..

  5. hao hao permalink

    Itu biasa…….,kalo gak mau di siksa jangan sekolah di situ..,kuliah aja di universitas yang tiap hri demo dan nganggur ampe tua…….,
    hanya banci2 kaleng yang mengeluh…….
    asal kalian tau, hidup di luar sana jauh lebih keras dari pada apa yang kalian lit di video….

    yang pada ngerasa jijik n najis daftar aja ke stip biar lo gak ngerasa jijik………

  6. Ndak da pend2kan kedinasan tanpa ke2rasan!,sperti halnya PIP SEMARANG,PIPMAKASSAR,AKIP,dll

  7. Masalahnya adalah Tuhan tidak lagi dikenali, dicintai dan ditakuti. Kalau manusia sudah tidak takut Tuhan, apalagi yang ditakutinya?

  8. winda permalink

    emmm………..boleh ikut gabung dumz…
    ko skulnya gini ya??napa musti pk kekerasan si???yang laen ja napa??ko dididik jd preman gitu??mau berlayar kan??ko disuruh pukul2an??pa mungkin buat jaga – jaga ntar kalo da perompak gitu??keluarain ja bom, perompaknya kan bisa di temabak ato di bom. beres kan???ha…ha…ha….!!!jangan kaya stpdn dumz, sekarang jamannya perdamaina bukan pukul – pukulan getooo……………!!!yadah tankz yaw, cumah mau ungkapin isi hati duankz kuk

  9. klo mnrtq kekerasan di kampus pelayaran mrpkn tradisi sbgai klrg semi militer, coz di kmpus pelayaran lain yg ada di indonesia jga sma,cman jgn smpai mnewaskan anggotanya. qjga alumni pelayaran di yogyakarta,qrsa tak keras klo hnya spt itu. knytaannya qjga g mti kok slma mnmpuh 3thn kuliah yg styap hri mendpat kekersan dri seniorq.coz qmlh jdi btmbah tgs dan dsplin dlm hal apa aja.qjdi brani akn bnar,qrsa tdk ada kekerasan di skul pelayaran itu.

  10. nek g ska kekerasankuliah aja di universitas laen yg bkn wajib semi militer.yg isine cma demo2 mulu,apasee untngna demo?? mo perang sma orng 2militer yaa???? mna ada demo dri taruna2 pelayaran gda kaan… mhs dmo itu hnya mo bkin mslah aja sbnrnya… knpa qnulis gni krn q pro militer and pro orba bkn orek2. “jalesveva jayamahe” [dilaut kita jaya di darat kita buaya] brvo pelaut…. * ngmong kok do sak enake dw*

  11. "n9es0tt" permalink

    ANJING KAMPANG LU ORG SMW ……
    1 By Yok MA GW….

  12. onya permalink

    hm,,gimana manu maju negara kita kalo para calon pemimpinnya otoriter gini, yah bisa dibilang otoriter karena yang ngerasa berkuasa disini bisa diartiin senior sok berkuasa, sampe main kekerasan ke juniornya. aku sebenernya sudah tau ada kekerasan di STIP Jakarta Utara karena kakak ku dulu ada yang keluaran sana. dia cerita semua yang namanya senior gak bisa ngeliat junornya seneng dikit. Kesalahan sedikit apapun dibikin besar. Malem-malem mereka dikumpulin dikamar senior, DIPUKULIN, DITELANJANGIN, dan ituterus-menerus terjadi ke angkatan berikutnya sebagai pembalasan, Dengan kejadian ini kita harapkan ada perubahan dalam Sekolah institusi negara yang nantinya akan mendidik para pemimpin negara.

  13. Pada tau ga kenapa begitu???

    pertama kali sih, iya gue ngeri masuk sana!!trus bilang wah ga bagus kalo ad pemukulan!!

    nanti kalo lo semua dah pada masuk akan merasakan deh!!!
    jangan ngemeng donak, trus munafik!!
    lo semua bisa bandingin sama sekolah pelayaran yang ada di luar negeri deh!!

    gimana jadinya kalo dah kerja!!
    indonesia boleh dibandingin!

  14. agoenk permalink

    q sich ngebolehin ja kyk gto tp kekerasannya jgn kyk gto donk keterlaluan,klo kekerasan ya yg mendidik klo ni bru wajar kan stip,pip dsb itukan termasuk militer juga…tp sya mhon jagn ada kekerasan yang keterlaluan ini,yaaa yg wajar2lah misal klo emank tarunanya nakal ato ngelanggar aturan bru d kasih kekerasan,walaupun dksh tp y jgn keterlaluan itu malah bwt sikap taruna yang buruk…q sich pengen masuk stip kan q bru sma klas 2,mga ja kekerasan udah gak jaman lagi amieeeeeeennn….q tertarik bgt ma stip cz ka2k q smw jg d pelayaran.q kan jg dah pnya poin,q tinggi,ganteng,juara klas,n q pernah jadi paskibraka d kab. q,mga thun dpn q jg jd paskibraka prov,y itung2 nambah poin q…ok

  15. klo di AKIP ada juga g?

  16. Woi lo smua ga tw apa yg sbnrnya trjadi jd jgn sok tw dech.
    lo smua cuman tw dr apa yg ada d TV, gw yg ngalamin aja biasa aja jd jgn pd so komentar
    QTA GA USAH MUNAFIK SMUA LEMBAGA PENDIDIKAN PASTI PUNYA CARANYA SENDIRI,JADI MHN JGN MENGHAKIMI

  17. okeii sya stuja skale…. styap akdmi pasti ada crikhas sndri. jangankan akdmi plyran aja univrsts aja crikhasnya dmo2 mulu. hahahahaha……!!!

  18. cadet first semester permalink

    smua yg loe liat di tv tuh blon ada apa2nya
    jadi ga usa bayak ngomong
    pemukulan itu wajar2 aja
    itu melatih mental aja
    gimana nanti klu dah berlayar
    liat ombak 3meter aja minta pulang
    malu dunk

    hidup PIP semarang
    ntar lagi gue jadi senior

    klu masalah ampe mati sih seniornya yang cuki may
    ga pake batasan

  19. mungkin nie,udah jadi tugas seorang taruna,dia hanya menjalankan perintah,gw selaku pengin daftar kesana tetep dukung stip pelayaran,yang membuat indonesia always maju///////////

  20. alex permalink

    kekerasan di “STIP” udah biasa cuy…!!!
    gue pengen banget daftar disana,gue pengen juga tuh ngrasin dibogem ama senior diSTIP.enak ga yaaaaaa…..tambuah ciek lai.

  21. rhadity permalink

    bener banget budaya ni rus di terusin. cz lo g kaya gni… g ad kedisiplinan wt junior………
    MERDEKA SENIOR……….

  22. puri permalink

    tp bukan dgn kekerasan cr mendisiplink junior and d sana kita bukan wy adu jotos bwt blajar

  23. ina permalink

    duh…cowo gw mau masuk sini…jgn di apa2in yah…

  24. john permalink

    ga pa2… pukulin az..
    mkana pake kekebalan aja …kyk aq
    byar ga pa2 di pukuli
    q jg di pukuli dulu disna tp ga pa
    skrang tba saatna aq yg menghajar
    wkwkwkwk

  25. zZz permalink

    harus ada pemutusan angkatan…. agar tdak terjadi hal yang demikian lagi….

  26. nENg permalink

    hey..Lo2 smw yG pd g ngerti apa2 mendingan g usah ikut2an deh…lebih baik “DIAM”…..key!!!
    gw aj yg lg ngejalani pendi2kan disana biasa aj!!
    Memang pendi2kan semacam itu sgt diperlukan u/ pembentukan mental yg kuat…
    so,menurut gw hal itu wajar2 aj akle di sekolah kedinasan!!
    kl lo2 pd g mw ada kkerasan dkampusnya
    yh mndingan lo2 kuliah2 biasa aj yg cm pentingin PENAMPILAN bukan OTAK.
    Dan qt buktikan siapa yg lebih sukses
    kuliah2 bias ato STIP?????
    Bravo STIP, Bravo Kampus Tercinta..!!!

  27. kepo permalink

    biase aja munurut gw kekerasan dlm sekolah kedinasan… Maju terus STIP
    Tahun ini gw masuk STIP gw SIAP

  28. Fath permalink

    STIP??? Tch nama udah cukup fam d’kuping gw. Secara 2 org mantan gw klwaran sna! Ummm gw pikir c stiap instansi pny crana sendri buat survive. Tch smw c udah jd role yg gk bs qt ingkarin jg.

  29. eumph..
    gw stuju sm adany kekerasan,asalkan jng ky di STPDN.
    ad yg meninggal.
    pd g mau kn,tmn,pcr,kk or swdarany knp” dsn.
    jd yg wajar” aj lah,inget..
    kmpus bkn pasar!!

  30. ank 42 permalink

    siapa lagi yang mau masuk stip. disini kalian di didik menjadi lelaki sejati mengarungi 7 samudra.masa depan cerah gaji yang diterima minimal 15 jt.

  31. Amp-jakarta permalink

    Itu semua bkan kkrasan,tp utk membangun mentl pribadi kt,cb bayangin klo g’disiplin kt jd kacau ‘KAYAK MHSWA YG CM DEMO NGRUSAKIN MILIK NEGARA AND SLALU TAWURAN,GITU KOK DICONTOH’jd plaut gt loh,inget devisa negara adah dr pelaut,candrawirajala

  32. sbg org yg sempet meletakan kaki d campus STIp, cuma 1 kata bwt STIP; GK PENTING!!!

    bukan mslah petinting2 nya..
    klu succes itu bs di raih apa pun jalan nya,,
    itu uda takdir kita…

    tp kekerasan di STIP bener2 GK PENTING..,

  33. aguzt II permalink

    emmmmm… mo tnya jurusan SMK TI bisa ga masuk STIP trus biaya masuk STIP Jakarta Berapa bro???

  34. tika permalink

    Gw stuju2 aja dgn apa yg dilakuin senior2 di stip,cz gw jg lu2san dr Smk Pelayaran.jd kekerasan itu dilakukan untk membentuk mental&fisik yg kuat sbg bekal dasar gw untk berlayar esok hari,biar kta gx puny mental TEMPE.bravo STIP q pengen bgtt masuk stip..

  35. Anonymous permalink

    TU MSLH KAMI SELAKU TARUNA,KALIAN G USAH KOMENTAR YANG BERLEBIHAN,

  36. Edan permalink

    Kekerasan di STIP benar-benar Biadab-biadab-biadab. Sang pelaku pantasnya dihukum seberat-beratnya, keluarkan dan penjarakan. Tolong agar Pimpinan STIP Melek. jangan ngelak lagi sudah jelas pelakunya..

  37. XXX permalink

    mental & Fisik ga harus di lakukan dg kekerasankan..?apa iya dg kekerasan gtu fisiknya bisa lebih ok..?mental bsa kuat..?ga semuanya benarkan..?apa ga lebih baik di tradisikan hal2 yg lebih positif aj,mungkin dg melatih keceptan berfikir dan mengmbil keputusan yg fix,ingat anda calon nakhoda & KKM kan..? ibadah lebih di tingkatkan dll,
    aku bsa berbicara ini karna aqpun jg alumni dr sekolah tinggi yg serupa,+ex.pelaut meski cm 12thun & skrng di Consult IT sebuah kedinasan yg ttp berhubungan dg laut & perkapalan,intinya kesuksesan bisa diraih dg niat,ibdah tekun,kerja keras,tgg jawab,&jujur.bukan dg menanamkan tradisi balas dendam.

  38. el nino permalink

    hidup STIP tercinta STIP SAMPAI MATI!!!!!!!!! buat lo2 pada yang cuma bisa jadi banci dirumah masuk STIP biar lo tau apa itu arti disiplin pada cuma liat di tv aja udah pada sok tau , tau ga lo senior itu banyak ngebantu biar dia pukulin juga ada maksudnya . di laut kita berjaya di darat kita buaya , no cry,tiers,and roses when the sailor die BP2IP TANGERANG BATCH 3 PIRATES FROM EAST

  39. Love die semi militer.. permalink

    Buat para komentator yg gq ssuka sssekolah kami,,

    lo pada tau apa sii?
    Lo bole ngomng kallo lo uda masuk,truss kluar dari kampus,,

    sekolah cma buat nyarii lobang burung ajj ma manjangi rambut buat aapa??
    Demo” gq jelas,itu pn ada maksudny,,
    Maksudny biar dpet duitt..truss jalan ma pacar,,
    Ahh,,
    Idup banci aja massi lebi kerass,,

    Jadi kalo lo uda ngrasa kuat,,
    Bole lo coba ajak 1 org ngrasain gmn kuatnya fissik lo,,
    Okey bro,,,
    Talk less do more

  40. Anonymous permalink

    STIP mao niru pendidikan militer,, tapi ga bisa jadi kayak militer..

    AKMIL aja ga ada kekerasan.., yang menilai kepala AKMIL bukan seniornya..

  41. detektif edogawa permalink

    StIp , keren bgt tuch ?
    disiplin yang sgt tgi ?
    andai aja , d sekolah sya , k displinannya ky d stip ?
    kl bnyak yg pda mati , mereka nya aja yg lmah ?
    n gk kuat mental ?
    kl nnt lulus , mw masuk atip , akh ?
    mudh2n aka , ktrma ?
    amen ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: