Skip to content

CYBER CITY

13 June 2008

Terlalu muluk jika kita memperbincangkan tentang cyber city. Namun konsep futuristic ini dapat tercapai dengan memasyarakatkan internet di lingkungan kita. Sosialisasi tersebut dapat terlaksana dengan baik jika terdapat hubungan yang baik antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat.

 

Gambaran secara sederhana tentang cyber city dapat dicerna secara sederhana. Melakukan pembayaran listrik misalkan, kita dapat melakukannya secara digital. Contoh melalui ATM, atau langsung melalui handphone. Membayar biaya kuliah tanpa harus antri di bank, tapi cukup melalui layar monitor sebuah komputer yang terhubung dengan internet. Secara sederhana, begitulah gambaran cyber city.

 

Namun mungkinkah itu terjadi? Mungkin ya, mungkin saja tidak. Ya, jika semua lapisan masyarakat mengerti dan “melek” teknologi. Tidak, jika kurang dari separuh warga masyarakat gaptek.

 

Kenyataan di masyarakat menunjukkan bahwa kita memang melek teknologi, tetapi berapa prosen? Bandingkan dengan mereka yang dikategorika gaptek. Imbang? Atau njomplang? Tentu saja tidak imbang.

 

Namun hal tersebut bisa disiasati. Bagaimana? Dengan peranan instansi pendidikan tentunya, yaitu Universitas. Peranan tersebut bisa dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa. Sebagai garda terdepan pendidikan bangsa, utamanya mahasiswa harus berperan aktif. Memasyarakatkan internet dan teknologi ke masyarakat.

 

Bagaimana? Kembangkan konsep e-learning. Dengan mengembangkan konsep tersebut akan terjadi pengembangan yang menakjubkan. Proses pembelajaran secara elektronik melalui internet dapat memupuk siswa untuk akrab dengan teknologi. Hal tersebut tentunya akan berkembang ke lingkungan sekitar, mulai dari orang tua siswa, teman dan akan berkembang ke masyarakat.

 

Perlu waktu memang, tetapi kalau tidak dimulai dari sekarang lagi, apa kita mau menunggu hingga 10 tahun lagi?

From → Artikel

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: