Skip to content

PERANAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN KITA, KINI DAN DULU

12 June 2008

Dahulu kala di zaman yang kata orang serba susah, di zaman yang katanya orang makan pelepah daun pisang dan sebagainya, pendidikan merupakan hal yang penting di kalangan kaum pemuda saat itu. Tengok saja Sukarno, Hatta, Sutomo, dan yang lainnya. Ditengah zaman yang carut-marut dalam arti sebenarnya, mereka-mereka masih memikirkan pendidikan. Tanpa buku yang layak untuk belajar, (kalaupun ada hanyalah “sabak”). Tanpa ada kesempatan yang luas untuk saling berbagi dan berdiskusi tentang suatu topik. Kesempatan bangsa ini sangat terbatas untuk belajar. Hanya orang-orang tertentu yang diperbolehkan Belanda untuk sekolah. Itupun hanya tingkat rendah. Selebihnya jika ada beberapa pemuda zaman dulu yang belajar hingga tingkat tinggi adalah hasil dari perjuangan mereka yang sangat gigih.

 

Bila malam, mereka tentu tidak bisa belajar. Tahu sendirilah bagaimana PLN saja saat itu belum lahir. Belum lagi bila ada pergolakan yang terjadi. Maklum saja, zaman perang memang tidak bisa diprediksi dengan baik. Maksud hati ingin belajar, eh keadaan keamanan sedang gawat. Jadi, ya tahu sendirilah bahwa selain waktu yang sangat terbatas untuk belajar, kesempatan untuk semakin mengembangkan diri juga tidak ada. Mereka memang nyaris tidak pernah tersentuh oleh teknologi.

 

Namun jika kita mau terus menelusuri pejuang-pejuang kita, ada hal yang semestinya bisa kita ambil untuk kita jadikan pelajaran. Tengok saja pendahulu-pendahulu kita. Mereka tidak kalah cerdasnya dengan kita. Bahkan mereka dengan segala keterbatasan mereka bisa melampaui paradigma pemuda sekarang yang mungkin terlalu dimanja oleh teknologi. Mampu menembus level dunia internasional. Tengok saja Bung Karno yang pidato di PBB dengan gagahnya. Atau utusan-utusan dari Indonesia yang konferensi di Den Haag Belanda. Sungguh suatu prestasi yang sangat bagus.

 

Dalam dunia pendidikan kita di masa kini, teknologi membawa dampak yang sangat kuat. Nyaris semua bidang pendidikan masa kini sudah tersentuh oleh teknologi. Mulai dari yang paling sederhana sekalipun sudah tersentuh oleh teknologi. Contohnya adalah adanya sebuah web site ataupun web log yang mengusung tema pendidikan dengan segala pernak-perniknya. Semua hal yang bersifat pendidikan diulas dan dibahas habis sampai ke akarnya.

 

Contoh dari web site yang mengusung tema pendidikan misalnya http://www.e-smartschool.com/,  http://www.e-dukasi.net, dan lain-lain. Web-web tersebut konsisten mengusung pendidikan sebagai temanya. Apapun alasan dibalik realita tersebut tidaklah jadi soal. Yang paling utama dari semua itu adalah bahwa pendidikan yang notabene hal membosankan bagi kebanyakan orang, ternyata masih mendapatkan tempat.

 

Namun peranan teknologi di zaman kini belumlah bisa dimaksimalkan oleh pemuda kita. Sebagai bukti, tengok prestasi kaum pendahulu kita dengan segala keterbatasannya. Bandingkan dengan semakin manjanya pemuda kita dengan teknologi tetapi kurang prestasi. Bukan maksud untuk mengecilkan peranan pemuda masa kini, tetapi paling tidak semoga tulisan ini mampu membangkitkan semangat pendidikan di era teknologi.

About these ads

From → Artikel

18 Comments
  1. ada sebuah analogi,
    seseorang yang dia naik ke atas pohon yang tinggi dan diserang dengan angin kencang, maka
    si pemanjat tadi akan lebih keras dalam pegangan.
    namun ketika datang angin sepoi yang menyejukan ternyata angin sepoi tadilah yang justru menyebabkan si pemanjat jatuh.
    mungkin teknologi ibarat angin sepoi tadi yang lebih memudahkan

  2. iisk permalink

    Trim udah koment

  3. yup! saya setuju dengan paragraf terakhir, pemuda dengan adanya teknologi bukanya jadi tambah semangad, tapi malah jadi males2an,, kadang2 teknologi jg di salah gunakan..
    cantohnya,,ah gak usa t sebutin, uda tau ndiri kan..

    tapi tetep hidup pemuda!! we R the n0w generation..!

  4. reza permalink

    inget buku judulnya “high tech high touch”….john naisbit……
    i think the point is……tecnology is tool….man have to use it with the right way…..

  5. iwan arifin permalink

    . Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan

    Manusia selalu berkomunikasi sebagai wujud bersosial dengan sesama manusia. Sejak pertama kali manusia diciptakan manusia selalu dapat berkomunikasi sesuai dengan perubahan pada zamannya.
    Penemuan sandi morse atau telepon yang pertama kali oleh Alexander graham Bell merupakan titiktolak berkembangnya Teknologi Informasi. Kemudian Diikuti dengan penemuan Televisi,Komputer dan puncaknya dengan penggunaan telefon seluler pada abad 20.
    Teknologi informasi berkembang pesat pada perkembangan peradaban manusia sejak abad 17. Kalau zaman terdahulu manusia hanya dapat behubungan jarak jauh dengan surat Tentunya dengan menggunakan surat butuh waktu yang cukup lama (berbulan-bulan). Namun sejak ditemukannya sandi morse pada abad 17 maka dimulailah era informasi yang menggeser era industri.Hingga zaman ini peran Teknologi Informasi merupakan cerminan dari era informasi yang menampilkan kecepatan dunia dalam berbagai perubahan di berbagai bidang. Sehingga pada abad ini timbul jargon ”barang siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia”

    Perkembangan teknologi informasi (TI) saat ini telah memberikan dampak dan perubahan besar dalam segala sektor kehidupan, oleh karenanya tidak bisa dipungkiri lagi peranan TI saat ini sangat pital untuk mendorong kemajuan dalam setiap bidang kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan.

    Perkembangan TI saat ini adalah buah hasil dari berkembangnya dunia pendidikan dan oleh karenanya TI memiliki peran yang strategis dan dunia pendidikan dan tidak bisa dilepaskan. Pendidikan yang menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan pernah berhenti begitu juga perkembangan TI mengiringinya.
    Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas akan semakin efektif dan efisien, serta menyenangkan bila kita bisa memanfaatkan teknologi dengan benar dan tepat.

    Dengan teknologi saat ini bisa memperluas dan mempermudah akses belajar untuk semua orang, serta Self Access Learnign atau belajar mandiri semakin memanjakan dan mempermudah kita untuk belajar tanpa mengenal jarak, ruang dan waktu, dengan demikian dalam suatu lembaga pendidikan sebenanya kita tidak terlalu harus memikirkan pembangunan fisik/gedung tetapi infrastruktur TI yang harus diprioritaskan, karena siswa bisa belajar tidak harus didalam satu gedung dan dalam waktu yang bersamaan. Tetapi tentunya dengan tida mengenyampingkan hubungan emosional dan sosial antara guru dan siswa, antara siswa dan siswa.
    Semakin mudah dan terbuka guru dan siswa dalam berinteraksi pada proses KBM melalui pemanfaatan TI, tentunya akan memberikan dampak dan menjadi stimulus bagi guru dan siswa itu sendiri untuk mengembangkan pengalaman belajarnya. Hal ini secara perlahan dan pasti akan memberikan dampak pada peningkatan kualitas pendidikan kita.

    2. Catatan tentang istilah ‘Informatika’ dan ‘Ilmu komputer’
    Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.
    Hubungan Informatika dengan bidang lain
    Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.
    Ilmu Informasi
    Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa komunikasi dan basis data.
    Sistem Informasi
    Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. ‘Sistem Informasi’ dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.
    Rekayasa Perangkat Lunak
    Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance. Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.
    Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water fall (‘model konvensional’ sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model prototype (‘model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial linear, model RAD ‘rapid aplikation model’, model ‘formal method’ atau ‘metode formal’ disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan – kesalahan pada saat implementasi.
    Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)
    Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
    Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan perangkat lunak.
    Keamanan Informasi
    Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).

  6. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship

  7. Anonymous permalink

    mas, bagaimana sih caranya agar blog kita dapat dilihat banyak orang? truz, gimana caranya ngasih aplikasi2 yang dapat menunjang blog kita lebih tampak apik? truz, caranya ngasih link agar ketika link itu di klik lsg masuk ke halaman yang kita buat.

  8. mas, bagaimana sih caranya agar blog kita dapat dilihat banyak orang? truz, gimana caranya ngasih aplikasi2 yang dapat menunjang blog kita lebih tampak apik? truz, caranya ngasih link agar ketika link itu di klik lsg masuk ke halaman yang kita buat.

  9. mumtaz permalink

    sememangnya dunia pndidikn kita hr ni smakin cggih dgn kwujudn alt2 tknologi. bahkn jika kmudhn ini xdigunakn, kita akn digolong dlm kategori “KUNO”

    namun, saya sbg pndidik kdg2 xsmpt nk gunakan tknologi IT dlm p&p krn kekangan masa, so guna shj teknologi papan tulis, manila kad dan crta2……lebih murh dan rgks srta pnts utk disdiakan….

  10. yeni permalink

    Q juga setuju, dengan adanya teknologi di zaman sekarang malah tambah malas-malasan. padahal dahulu saja yang tidak adanya teknologi sangat semangat untuk berprestsi.

  11. zie permalink

    thanx dah ksih inspirasi yg bgus wat tgas sya…

  12. Herlina permalink

    Teknologi itu penting bagi pengetahuan dan wawasan, ada banyak hal diluar sana yg gag bisa qt jelajahi melainkan dengan teknologi yang semakin canggih. Dari dulu sampai sekarang teknologi di dunia mulai semakin berkembang dan maju, kenapa qt tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. sebenarnya mungkin apa yg membuat qt mnjadi malas@an itu tergantung masing@ orang itu sendiri. pokoknya dengan adanya teknologi qt bisa menjadi orang yg berprtestasi bila qt mengarahkannya ke arah yg sesuai.

  13. anisa permalink

    good job!

  14. amirur permalink

    fulmakkkkk
    power gak….

  15. nabil permalink

    powerla sangat….

  16. balian permalink

    ala kl teknologi di gunkan bukan tempatnya misalkan membuat hal2 yang merusak moral orang biarkan j dosa di tanggung sendiri..semakin banyak orang melakukan hal2 di luar moral manusia baik agama 7 keturun dosanya mengalir terus..

  17. natha yuma permalink

    sebenarnya saya lagi nyari bahan debat nih untuk regu kontra, tapi disini malah dapet bahan untuk regu pro (-_-!|i) baru mau putus asa, ada mas iwan arifin, comment-nya sangat membantu saya lho! :D makasih banget!!!!!

  18. dengan teknologi semua akan semakin mudah termasuk pendidikan. semoga dengan pemanfaatan teknologi yang benar akan mengahasilkan output yang berkualitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: