Skip to content

METODE PENGAJARAN ANAK

12 June 2008

Pendidikan adalah dasar pembangunan suatu bangsa. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga hal tersebut diatur dalam suatu undang-undang hampir di setiap negara di dunia. Tua, muda, laki-laki maupun perempuan, adalah obyek dari program pemerintah di bidang pendidikan. Tak terkecuali pendidikan pada anak, karena pendidikan adalah hak paling dasar dari setiap warga negara. Disamping itu, pendidikan adalah kewajiban dasar bagi setiap bangsa di dunia. Tak heran, setiap bangsa di dunia memberlakukan aturan pada hal tersebut.

 

Metode belajar dalam dunia pendidikan tidaklah sama, antara pendidikan untuk anak, remaja dan dewasa. Tiap metode mempunyai segmennya sendiri-sendiri. Itulah sebabnya metode belajar untuk anak tidak cocok untuk remaja, begitulah seterusnya.

 

Metode Belajar untuk Anak: BERMAIN

Anak adalah dunia bermain. Anak adalah usia bahagia. Tak peduli bagaimanapun keadaannya, anak tetaplah anak dengan segala ego mereka. Metode belajar untuk anak harus menyesuaikan dengan usia anak. Tidak bisa anak harus menyesuaikan diri dengan metode belajar. Metode itulah yang harus menyesuaikan diri dengan kondisi anak.

 

Metode belajar yang tepat pada anak adalah dalam kerangka bermain, karena bermain adalah dunia anak. Bermain adalah nafas anak. Bermain adalah nadinya anak-anak. Membujuk anak untuk belajar bukanlah dengan paksaan, tetapi dengan “rayuan pulau kelapa” berbingkai sebuah permainan. Anak akan dengan “sukarela” menyediakan dirinya dalam sebuah proses pembelajaran.

 

Sejak mereka kecil, mereka akan langsung dengan hal yang namanya bermain. Sebagai makhluk sosial, mereka secara alami akan bermain berpasangan atau berkelompok dalam bermain. Hal tersebut sudah naluri anak, dan mereka merasa nyaman dengan keadaan tersebut. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk belajar. Mengapa? Mereka lebih cepat memahami sesuatu dengan bermain daripada harus mendengarkan penjelasan orang dewasa.

 

Dalam proses pembelajaran anak melalui permainan, tentu banyak hal yang harus diperhatikan. Antara lain adalah apakah permainan itu cocok untuk anak atau tidak. Apakah inti dari permainan itu untuk individu atau secara berkelompok. Satu lagi yang paling penting adalah apakah permainan tersebut membahayakan bagi anak atau tidak. Jadi walaupun permainan adalah metode yang paling menyenangkan dalam pembelajaran anak, tetapi harus dipahami bahwa tidak semua permainan cocok untuk anak.

 

Gunakanlah permainan yang sederhana namun merangsang anak untuk enjoy mengikutinya. Sertakan pula lagu didalamnya. Dengan begitu anak anak cepat memahami. Permainan dan lagu, pasangan yang serasi dalam pendidikan anak.

 

From → Artikel

2 Comments
  1. terimakasih sudah berkunjung di blog saya dan mengirim email , blog anda bagus.dan untuk metode pembelajaran memang bermacam-macam, seperti halnya yang dimuat disini, dengan cara bermain.intinya bagaimana menumbuhkan kemauan , kreatifitas dan insiatif anak sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan dan dirinya.

  2. sy snng Dngan metode ini… dikembangkan ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: