Skip to content

GURU VS SISWA

9 June 2008

Kok bisa terjadi? Apakah judul tersebut berlebihan? Rasanya tidak. Tengok saja banyak sekali fakta yang terjadi di lapangan tentang hal tersebut. Guru ramai “memperbincangkan” kekurangan siswa, sebaliknya siswa sibuk “mempergunjingkan” guru mereka. Cukup ironis memang, dua hal yang semestinya saling mendukung dalam kegiatan belajar mengajar ternyata malah saling berhadapan satu sama lain.

Hal tersebut terjadi baik dalam arti yang sebenarnya maupun yang tidak. Misalnya saja terjadi di Jawa Tengah, seorang guru yang tega melukai siswanya secara fisik hanya karena siswa tersebut tidak mematuhinya. Yang lain menghukum fisik secara berlebihan sehingga siswa masuk rumah sakit yang menyebabkan siswa luka baik fisik maupun psikis.

Sisi lain menunjukkan beberapa siswa ramai-ramai memukuli gurunya yang dianggap terlalu arogan. Atau dalam skala yang lebih “halus”, mereka menggembosi roda kendaraan guru yang bersangkutan sebagai aksi mereka menentang kebijakan guru. Atau mungkin yang lebih “sedikit sopan”, wali siswa mendatangi guru untuk klarifikasi hal yang terjadi terhadap anaknya.

Hal-hal diatas memang terjadi disekitar kita. Itu adalah fakta. Memang tidak ada data pasti yang menunjukkannya. Tetapi fakta memang telah terjadi.

Hal positif dari judul tersebut adalah adanya sebuah persaingan antara guru dan siswa. Siswa yang aktif sudah tentu adalah siswa yang banyak bertanya kepada gurunya. Mungkin ada beda pendapat antara guru dan murid, tetapi hal tersebut bisa menjadi sebuah hal yang menarik. Berdebat dengan guru menyoal materi pelajaran untuk mencari solusi bersama adalah hal yang menarik.

From → Artikel

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: