Skip to content

Merasa bisa, bisa merasa

3 June 2008

Sekedar ikut tren? Atau cari sensasi? Kalimat di atas adalah sebuah permainan kata yang sering kita dengar di media. Contohnya adalah terbesar dan tersebar, dan lain-lain. Namun kalimat di atas bukanlah disusun atas dasar sekedar cari sensasi atau sekedar ikut tren advertisement media massa. Kalimat di atas mempunyai makna yang dalam jika di telusuri lebih dalam.

Merasa bisa. Orang sering menganggap dirinya bisa melakukan sesuatu hal tanpa melihat ke dalam. Dalam arti ia merasa bahwa ia bisa melakukan hal yang hanya orang tertentu yang bisa melakukan. Jika hal tersebut dipupuk, tentu akan menimbulkan kesan congkak, banyak lagak. Apalagi jika hal tersebut terucap darinya; “Ah, gitu aja sih saya juga bisa!” misalnya. Jika memang bisa, akan lebih bijak jika hal tersebut tidak terucap. “Jika Anda merasa bijaksana, jangan katakan Anda bijaksana kepada orang lain.”

Bisa merasa. Jika seseorang bisa merasa, tentu hal tersebut tidak hanya baik bagi dirinya, namun juga baik bagi orang lain di sekitarnya. Bisa merasa keadaan, meresponnya dengan tindakan, akan lebih bagus lagi. Mempunyai kepekaan perasaan dan toleransi, itulah inti dari bisa merasa. Berbuat sesuatu tidak hanya untuk diri pribadi, namun juga untuk kepentingan bersama.  

Bisakah? Sulit tentunya. Apalagi jaman sekarang yang serba materi. Segalanya diukur dengan materi, dan itu sudah menjadi harga mati. Yang bisa kita lakukan adalah bukan menuntut orang lain berbuat demikian, namun memulai hal tersebut dari diri kita sendiri.

From → Artikel

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: