Skip to content

Bikin Blog

3 June 2008

Di era kini komputer adalah hal lumrah dan wajar. Bukan lagi barang mewah yang hanya dinikmati dan dioperasikan oleh orang-orang tertentu. Kini semua orang telah mengenal komputer; tua, muda, pria, wanita, semua. Ia bukanlah lagi sekedar gaya hidup, tetapi lebih kepada sebuah kebutuhan.

Lepas dari pada itu, komputer erat kaitannya dengan internet. Dengan tanpa bermaksud untuk sombong, Anda dan saya tentunya tidak ketinggalan teknologi informasi yang satu ini, khan? Ya, sama seperti halnya dengan komputer, internet adalah media komunikasi populer yang dapat membuka paradigma kita, yang dapat kita manfaatkan kapan dan di mana saja.

E-mail, browsing, web hosting, blog hosting adalah hal yang sudah lumrah saat ini. Aktifitas tersebut sudah bukan lagi merupakan gaya hidup atau life style seseorang. Apalagi budaya blog yang lagi booming belakangan. Apalagi setelah adanya informasi bahwa orang bisa kaya dari aktifitas tersebut, semakin mendongkrak popularitas blog(web log).

Banyak sekali di internet penyedia jasa layanan blog secara gratis yang dapat di akses oleh banyak orang, antara lain; blogsome, blogspot, blogger, wordpress dll. Anda dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk memiliki sebuah blog. Dimana dengan memiliki blog Anda dapat menyampaikan ide-ide Anda kepada siapa saja dan tentang apa saja.

Namun hal yang cukup mudah dinikmati tersebut belumlah dimanfaatkan banyak orang secara maksimal. Masih cukup banyak kendala yang timbul ketika seseorang mencoba untuk sign up di sebuah situs penyedia blog gratis. Untuk itulah penulis bermaksud untuk berbagi pengalaman bagaimana asik dan susahnya bikin blog. Bukan hanya bikin, namun juga dalam hal pengelolaan. Dalam hal ini penulis membatasi hanya untuk situs tertentu, yaitu wordpress. Berikut langkah-langkahnya:

 

1.      Registrasi

Registrasi atau pendaftaran adalah hal pertama yang harus dilakukan. Caranya adalah:

·         Ketik www.wordpress.com di kolom address

·         Setelah Anda masuk, klik sebuah kotak hijau bertuliskan Sign Up Now

·         Muncullah kotak registrasi atau pendaftaran yang harus Anda isi semua.  

 

Username                  :  Adalah nama yang nantinya akan digunakan sebagai nama blog Anda. Pastikan bahwa namanya unik dan mudah untuk diingat. Paling tidak terdapat empat karekter, tidak boleh kurang.

Password                   :  Adalah kata kunci yang nantinya Anda gunakan untuk login atau masuk blog Anda untuk melakukan penataan, posting atau aktifitas yang lain. Password adalah kata kunci yang sangat peka, pikirkan dulu password Anda. Sekiranya namanya unik dan menarik, mudah bagi Anda untuk ingat tapi sulit bagi orang lain untuk ditebak.

Confirm                      :  Kolom konfirmasi password Anda. Jadi Anda harus memasukkan password sekali lagi di kolom ini.

E-mail Address           :  Adalah kolom yang harus Anda isi alamat e-mail Anda. Untuk itu Anda harus mempunyai alamat e-mail dulu sebelum Anda Sign Up, karena nantinya melalui e-mail inilah Anda akan dikonfirmasi oleh wordpress tentang aktivasi yang sudah Anda lakukan.

Legal Flotsam             :  Adalah kolom kecil yang harus Anda isi sebagai konfirmasi bahwa Anda telah membaca dan setuju semua kebijakan yang dimiliki oleh wordpress.

 

Isilah semua kolom tersebut, lalu klik Next. Jika Anda salah memasukkan salah satu data dari yang diminta, maka Anda wajib untuk mengulangi. Jika Anda benar, maka Anda berarti sudah memiliki sebuah blog yang tinggal Anda kelola.

 

Di kolom ini Anda diinformasikan tentang nama blog Anda. Selain itu Anda harus mengisi sebuah kolom Blog Title, yaitu judul blog Anda. Isi kolom tersebut sesuai sesuka Anda sesuai dengan tema yang Anda usung untuk blog Anda. Jika Anda mengusung tema tentang masakan, beri judul yang sesuai dengan masakan.

Berikutnya Anda diminta untuk mengisi kolom Language, yang mengindikasikan dalam bahasa apa blog tersebut di buat. Isi saja dengan bahasa Indonesia, karena hal tersebut akan mempermudah Anda dalam mengelola blog Anda dikemudian hari. Sekalian isi kolom kecil Privacy, setelah itu klik Signup.

Dari sini Anda siap untuk menuju langkah yang selanjutnya, yaitu UPDATE PROFILE. Namun sebelumnya cek di e-mail Anda dari wordpress.com tentang validasi registrasi Anda. Setelah itu, baru Anda bisa update profile. Jangan lupa, jangan sampai    e-mail Anda dihapus untuk jaga-jaga.

Update prodile, isi nama awal dan nama akhir Anda. Lantas di kolom yang lain isi sedikit hal yang mengulas tentang diri Anda. Entah tentang hobi Anda atau apalah, yang penting tentang diri Anda, karena hal ini penting untuk diketahui pengunjung nantinya. Selelah selesai, klik Save Profile.

Nah, kini Anda sudah memiliki sebuah blog yang siap Anda kelola.

 

2.      Mengelola Blog

Blog yang sudah jadi siap untuk Anda kelola. Untuk mengelola, masuk di wordpress, lalu isilah dua kolom yang ada, satu nama user id, satu lagi adalah password. Jika Anda lupa, cek di e-mail Anda. Jika Anda benar mengisinya, maka akan tampak nama blog Anda di bawah dua kolom tadi, klik maka Anda sudah masuk di kolom pengelolaan blog. Anda sudah siap untuk menulis blog Anda, dengan asumsi tampilan blog di setting belakangan (setelahnya).

Untuk menulis blog Anda, klik Tulis yang ada di sebelah kiri atas. Tunggulah hingga muncul beberapa kolom. Dari sini Anda harus menentukan tulisan yang Anda buat masuk kategori apa. Untuk itu Anda harus menentukan kategori apa tulisan atau artikel Anda. Coba klik Kategori, kemudian klik Tambah Kategori Baru. Tulisah nama kategori Anda. Jika artikel Anda dikategorikan resep masakan, tulislah Resep Masakan di kolom tersebut. Setelah selesai, kembali ke kolom atas sendiri, yaitu judul. Tulis judulnya.

Jika sudah, maka Anda tinggal menulis artikel Anda di kolom Tulisan. Tulis saja artikel Anda. Untuk hasil terbaik, ketik artikel Anda di Microsoft Office. Nantinya jika artikel Anda sudah selesai di Microsoft Office, Anda tinggal copy paste di kolom wordpress Anda.

Langkah berikutnya adalah mempublikasikan artikel yang sudah Anda buat tadi, dengan cara klik tombol Terbitkan di sebelah kanan kolom. Namun untuk langkah yang aman, sebelum Anda klik tombol Terbitkan, ada baiknya Anda cek lagi apakah artikel Anda masuk di kategori yang benar yang sesuai dengan harapan Anda. Jika sudah, maka Anda tinggal menerbitkan saja artikel Anda.

Untuk artikel yang lain langkahnya sama dengan tadi. Jika Anda membuat artikel dengan tema yang lain(kategori lain), tambahkan dulu kategori yang baru. Hal tersebut untuk menghindari bahwa artikel yang Anda buat salah masuk kategori. Sekedar tips, jangan lupa untuk cek kategori sebelum Anda menerbitkan sebuah artikel. Hal ini untuk menghindari kesalahan tema artikel yang tidak sesuai dengan kategori. Tips yang lain, supaya artikel kelihatan menarik, Anda bisa tambahkan gambar di artikel Anda. Untuk menambahkan audio juga bisa, namun hal ini akan penulis sampaikan lain waktu.

Nah, sekian saja dulu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Melalui rubrik ini, penulis mengajak Anda untuk memasyarakatkan budaya blog. Mari kita tingkatkan cara pandang kita dengan blog. Menyampaikan ide dan pikiran melalui blog. Sekaligus meningkatkan budaya   baca – tulis di antara kita.

 

 

 

Salam,

 

 

 

Iis Kusaeri

 

 

 

 

 

 

From → Artikel

One Comment
  1. salam kenal…
    spt ny blog ini sudah lama ditinggalkan pemiliknya.
    pdahal blog ny bagus…
    main donk ke blog saya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: